Sabtu, 09 Maret 2013

Memakai Kartu Kredit dengan Cermat





Memakai Kartu Kredit dengan Cermat

Tips memakai kartu kredit – Kini, penggunaan kartu kredit sudah semakin meluas. Banyak orang lebih memilih menggunakan kartu kredit ketimbang membawa-bawa uang tunai. Selain tidak ribet, kartu kredit lebih aman untuk dibawa berbelanja. Itulah sebabnya, terutama di daerah perkotaan, kartu kredit sudah umum dipakai.
Namun, penggunaan kartu kredit ini harus disertai dengan kecermatan. Kebiasaan berbelanja yang mudah hanya dengan menggesek kartu kredit saja akan dengan mudah membuat kita menjadi boros. Kita dapat memanfaatkan kartu kredit sebaik mungkin dan tetap hemat dengan memperhatikan beberapa tips memakai kartu kredit berikut.

Beberapa Tips Memakai Kartu Kredit yang Baik

- Membeli Barang yang Mampu Dibayar
Meski memang pada saat membeli suatu barang, kita hanya perlu menggesek kartu kredit, namun kenyataannya pada akhir bulan kita harus juga membayar semua tagihan kartu kredit tersebut. Jadi, belilah barang-barang yang dibutuhkan dan memang disesuaikan dengan kemampuan finansial. Kartu kredit hanyalah alat pembayaran untuk sementara saja. Kita tetap akan mengembalikannya secara tunai di kemudian hari.
- Kebutuhan
Seringkali, apa yang kita beli adalah apa yang kita inginkan dan bukannya sesuatu yang benar-benar kita butuhkan. Jadi, dengan mendahulukan kebutuhan dan menunda keinginan, kita dapat berbelanja dengan hemat dan menghindari utang yang tidak perlu.
- Memilih Kartu Kredit yang Tepat
Tips memakai kartu kredit yang ketiga adalah memilih kartu kredit yang memberikan berbagai fasilitas atau kemudahan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sesuaikan kartu kredit yang akan digunakan dengan gaya hidup ataupun hobi yang dimiliki. Misalnya, memilih kartu kredit yang memiliki bunga rendah.
- Promo
Memanfaatkan promo yang diberikan oleh kartu kredit semaksimal mungkin adalah tips memakai kartu kredit yang pintar. Biasanya promo yang diberikan adalah bunga cicilan 0 %. Promo ini merupakan kesempatan kita untuk membeli kebutuhan akan barang yang ditawarkan. Namun, tetap prioritaskan hal-hal yang dibutuhkan oleh Anda atau keluarga saja dan bukannya barang yang tidak akan pernah terpakai.
- Mengelola Pembayaran
Jika kebutuhan Anda untuk bulan ini memang cukup banyak sementara tagihan kartu kredit sudah membengkak, maka Anda harus bisa mengelola pembayaran dengan baik. Misalnya, Anda bisa membayar sebagian dari tagihan terlebih dulu atau menunda pembayaran kartu kredit tanpa menambah saldo tagihannya. Karena itu, hindari memakai kartu kredit dengan bunga tinggi agar Anda tidak terlalu berat ketika membayar.
- Ingat Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran
Kebiasaan berbelanja yang terlalu sering bisa-bisa membuat Anda lupa akan tanggal jatuh tempo untuk membayar tagihan. Jadi, kendalikan frekuensi berbelanja Anda dan perhitungkan berapa biaya yang harus Anda bayar pada saat jatuh tempo.
Gunakan kartu kredit Anda sesuai dengan tips memakai kartu kredit yang sudah kita bahas agar kegiatan berbelanja Anda tetap terasa menyenangkan tanpa membuat Anda terlilit utang. Berbelanja hemat dengan menggunakan kartu kredit secara cermat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar